Pola Pemahaman Remaja Tentang Perayaan Ibadat Sabda Hari Minggu dan Hari Raya
Kata Kunci:
remaja, perayaan sabda, pemahaman instrumental, pemahaman relasional, tata perayaan, tata gerak, petugas perayaan.Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pemahaman remaja di Stasi Santo Paulus Bumi Etam Kaubun, Paroki Santo Yosef Bontang, tentang Perayaan Sabda Hari Minggu dan Hari Raya. Kajian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan analisis fenomenologis. Instrumen teoritik yang dipakai untuk mengukur pemahaman remaja diambil dari teori Skemp mengenai dua kategori pemahaman yaitu pemahaman instrumental dan pemahaman relasional, yang bisa berpola siklis ataupun non siklis. Indikator Pemahaman tentang Perayaan Sabda dilihat dari pemahaman terhadap Tata Perayaan Sabda, pemahaman terhadap Tata Gerak dan pemahaman terhadap Petugas dalam Perayaan Sabda hari Minggu dan hari Raya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD), Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman para remaja tentang Perayaan Sabda Hari Minggu dan Hari Raya termasuk kategori pemahaman Relasional Sederhana, karena para remaja memahami dengan baik 2 dari 3 indikator dalam Perayaan Sabda yang disebutkan di atas, yakni Tata Gerak dan Petugas dalam Perayaan Sabda yang saling berkaitan. Sedangkan Pola Pemahaman remaja tentang Perayaan Sabda Hari Minggu dan Hari Raya yang ditemukan adalah Pola Siklis. Pola siklis terjadi dengan adanya pemahaman para remaja mengenai hubungan saling terkait secara terus menerus antara empat aspek yaitu antara aspek sikap, pembelajaran, pemahaman dan keterlibatan. Hubungan antara keempat aspek tersebut timbul dalam kaitannya dengan tiga pemikiran sentral mengenai Perayaan Sabda yaitu Kerinduan Spiritual untuk mengikuti Perayaan Sabda, Menanggapi Undangan Ilahi yang telah mendorong hadir dalam Perayaan Sabda, serta Partisipasi aktif dan sadar dalam Perayaan Sabda. ABSTRACT This study aims to get an illustration of the comprehension of the adolescents at the Santo Paulus Church-station of Bumi Etam, Kaubun, the Parish of Santo Yosef, Bontang, about the Celebration of Words, on Sundays and Holy Days. The research was conducted qualitatively using phenomenological analysis. The theoretical instruments for measuring the comprehension of the adolescents were derived from Skemp’s theory of human comprehension categories which are either instrumental or relational, in a cyclical or non-cyclical pattern. The indicators for the adolescents’ comprehension about the Celebration of Words were their understanding about the Order of the Celebration, the accompanying Liturgical Gestures, and the Liturgical Functionaries. The techniques for data collection were Focus Group Discussion (FGD), Observation, Interviews and Documentation. The results of the study showed that the comprehension of the adolescents at the Santo Paulus Church-station about the Celebration of Words, belonged to Simple Relational Comprehension category, as the adolescents had sufficient understanding on 2 of the 3 above mentioned indicators, i.e., about the accompanying Liturgical Gestures, and the Liturgical Functionaries in the Celebration of Words, which are interrelated to each other. Their comprehension pattern was Cyclical, proved by their understanding of the continuous interrelation of the 4 aspects in the Celebration: attitude, lesson learned, understanding and participation. The 4 aspects emerged in their relation with the central ideas about the Celebration of Words, which comprise Spiritual Longing to have the Celebration of Words, Positive Response to the Divine Invitation urging the presence in the Celebration of Words, and Active Conscious Participation in the Celebration of Words.
Referensi
Sarwono, Sarlito W., Psikologi Remaja. Cet.17. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
Nurihsan, Achmad Juntika, Prof., Dr., M.Pd dan Dr. H. Mubiar Agustin, M.Pd. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Cet.2. Bandung: PT Refika Aditama, 2013.
Windhu, I. Marsana, Mengenal 25 sikap liturgi, Cet.17. Yogyakarta: Kanisius: 2015.
Arikunto, Suharsimi Prof. Dr. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 14, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
http://www.katolisitas.org/7805/orang-muda-katolik-omk-dan-liturgi/ Diakses 27 Nov 2015/11:31
http://danapriyanto.blogspot.co.id/2013/01/indikator-kemampuan-kognitif%201486.html diakses pada 16 Maret 2016/21:05