Pemetaan Strategis Pembinaan Iman Anak dan Remaja Melalui Model CIPP di Stasi Santo Hieronimus Pinem

Penulis

  • Rikha Emyya Gurusinga Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura Medan, Indonesia
  • Johannes Sohirimon Lumbanbatu Sekolah Tinggi Pastoral St. Bonaventura Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.61831/gvjkp.v9i1.256

Kata Kunci:

Anak dan remaja, evaluasi program, gereja katolik, model cipp, pembinaan iman

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memetakan strategi pembinaan iman anak dan remaja di Stasi Santo Hieronimus Pinem Paroki Santo Fransiskus Asisi Tigabinanga dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Latar belakang penelitian ini berangkat dari lemahnya struktur dan keberlanjutan program pembinaan iman, serta kurangnya keterlibatan keluarga dan komunitas dalam mendukung pertumbuhan iman anak dan remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pembinaan belum berbasis pada pemetaan kebutuhan riil anak dan remaja. Sumber daya manusia masih terbatas, metode pengajaran bersifat konvensional, dan partisipasi peserta masih rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model CIPP mampu mengidentifikasi tantangan dan potensi pengembangan program secara menyeluruh. Implikasi penelitian ini mengarahkan gereja lokal untuk menyusun strategi pembinaan iman yang lebih kontekstual, partisipatif, dan berkelanjutan, serta memperkuat sinergi antara keluarga, sekolah, dan komunitas iman..

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Gurusinga, R. E., & Lumbanbatu, J. S. . (2025). Pemetaan Strategis Pembinaan Iman Anak dan Remaja Melalui Model CIPP di Stasi Santo Hieronimus Pinem. Gaudium Vestrum - Jurnal Kateketik Pastoral, 9(1), 11-21. https://doi.org/10.61831/gvjkp.v9i1.256

Terbitan

Bagian

Articles